Peranan dan Aktivitas Tarekat Tijaniyah dalam Kehidupan Masyarakat

Dr. KH. Ikyan Badruzzaman

Kehadiran Tarekat Tijaniyah di Garut, yang pertumbuhan dan perkembangannya telah menempuh puluhan tahun, secara langsung dan tidak langsung, telah menunjukan peranannya dalam kehidupan masyarakat. Peranan-peranan itu tampak pada aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh para tokoh tijaniyah —baik muqaddam maupun non-muqaddam— dan para penganut tijaniyah lainnya. Peranan-peranan yang menonjol— jika dilihat dari aktivitas-aktivitas para warga tijaniyah tersebut di atas adalah bidang dakwah—sosial, politik, organisai sosial dan politik, serta pendidikan.

Peranan Tarekat Tijaniyah di bidang dakwah, yaitu peranan pembinaan masyarakat, merupakan bagian terpenting dan terpokok, karena prinsip-prindip ajaran tarekat serta sasaran utama adalah membangun manusia yang sempurna dan berguna, bagi dirinya ataupun orang lain, dihadapan dirinya, manusia lainnya ataupun Tuhanny. Pembinaan mayarakat, yang dilakukan Tarekat Tijaniyah, terutama adalah pembinaan bidang agama.

Pembinaan ilmu agama biasa dilakukan dalam bentuk pengajian-pengajian, melalui majlis-majlis taklim, masjid-masjid, ataupun tempat lainnya, dengan materi-materi yang mencakup berbagai asfek islam, terutama yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari : akidah, ibadah, muamalah, dan lainnya. Aktivitas demikian dilakukan oleh para muqaddam dan para tokoh tijaniyah non-muqaddam lainnya. Hampir tidak ada muqaddam atau tokoh yang lepas dari aktivitas pembinaan masyarakat.

Aktivitas bidang sosial — dalam artian sosial-ekonomi — masih tampak lebih bersifat internal. Sedangkan yang bersifat eksternal kurang begitu menonjol. Aktivitas sosial ekonomi menitik-beratkan pada peningkatan kesejahteraan anggota, atau kebutuhan kegiatan Tarekat Tijaniyah . bentuk aktivitas demikian ini sekarang kurang berjalan lagi, dan tidak semua daerah melaksanakan yang demikian.

Aktivitas sosial yang bersifat eksternal diantaranya adalah khitanan massal, dan penyantunan sekolah anak-anak yang tidak mampu, untuk ditampung di sekolah milik yayasan yang didirikan oleh Tarekat Tijaniyah. Aktivitas sosial secara luas sebenarnya terkandung dalam program pengembangan bidang sosial kemayarakatan yang dicanangkan oleh Tarekat Tijaniyah, namun reaksinya masih belum tampak menonjol.

Satu Tanggapan

  1. assalamualaikum
    ane iqbal dulu ane pernah masuk k thoriqoh ini pd waktu ane mondok di al istiqomah(cirebon) tapi ane g dawamkan? lalu minggu2 ane dpt mimpi ditanya oleh seseorang makhluk, apakah ane masih mengamalkan thorioqoh ini(apa maksud mimpi ane) lalu sebelumnya juga ane mu minta di baiat ulang tapi musryid/muqodam d pesawahan cirebon telah meninggal?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: