Syekh Ahmad Al-Tijani

Oleh Dr. KH. Ikyan Badruzzaman


Nama Syekh Ahmad al-Tijani (1150-1230 H, 1737-1815 M) dikenal di dunia Islam melalui ajaran thariqat yang dikembangkannya yakni Thariqat Tijaniyah. Untuk mengetahui kehidupan Syekh Ahmad al-Tijani, penulis menelusurinya melalui Kitab-kitab yang memuat kehidupan dan ajaran Syekh Ahmad al-Tijani terutama kitab-kitab yang di tulis Khalifah Syekh Ahmad al-Tijani diantaranya kitab Jawahir al-Ma`ani (Mutiara-mutiara Ilmu). tulisan Syekh Ali Harazim.

Dalam kitab-kitab yang menulis kehidupan Syekh Ahmad al-Tijani, disepakati bahwa Syekh Ahmad al-Tijani, dilahirkan pada tahun 1150 H. (1737 M.) di `Ain Madi, sebuah desa di Al-jazair. Mengenai tanggal kelahirannya sampai sekarang belum diketahui secara pasti. Secara geneologis Syekh Ahmad al-Tijani memiliki nasab sampai kepada Rasulullah saw. lengkapnya adalah Abu al-Abbas Ahmad Ibn Muhammad Ibn Mukhtar Ibn Ahmab Ibn Muhammad Ibn Salam Ibn Abi al-Id Ibn Salim Ibn Ahmad al-`Alawi Ibn Ali Ibn Abdullah Ibn Abbas Ibn Abd Jabbar Ibn Idris Ibn Ishak Ibn Zainal Abidin Ibn Ahmad Ibn Muhammad al-Nafs al-Zakiyyah Ibn Abdullah al-Kamil Ibn Hasan al-Musana Ibn Hasan al-Sibti Ibn Ali Ibn Abi Thalib, dari Sayyidah Fatimah al-Zahra putri Rasuluullah saw.

Nama al-Tijani diambil dari suku Tijanah yaitu suatu suku yang hidup di sekitar Tilimsan, Aljazair; dari pihak ibu, dan Syekh Ahmad al-Tijani berasal dari suku tersebut. Keluarga Syekh Ahmad Al-Tijani adalah keluarga yang dibentuk dengan tradisi taat beragama. Dikatakan, bahwa ayah Syekh Ahmad al-Tijani adalah seorang ulama yang disiplin menjalankan ajaran agama. Ketika Syekh Ahmad al-Tijani memasuki usia balig dinikahkan oleh ayahnya. Sejak usia berapa tahun beliau menikah? Dalam kitab-kitan yang menulis riwayat hidup Syekh Ahmad al-Tijani tidak dijelaskan. Namun apabila dihubungkan dengan tahun meninggal kedua orang tuanya, mereka meninggal berturut-turut pada tahun yang sama yakni tahun 1166 H. Diduga beliau nikah antara usia 15-16 tahun, sebab beliau lahir pada tahun 1150 H. Dari hasil pernikahannya beliau mempunyai dua orang putra yakni Muhammad al-Habib dan Muhammad al-Kabir yang kelak secara berturut-turut memimpin zawiyah (pesantren Sufi yang beliau dirikan).

Mengenai tempat meninggalnya, dalam kitab-kitab yang menulis Syekh Ahmad al-Tijani, disepakati bahwa beliau wafat di kota Fez Maroko. Hal ini bisa dimengerti karena sebagaimana akan dilihat nanti, di kota ini Syekh Ahmad al-Tijani mempunyai kesempatan untuk mengembangkan ajarannya dengan dukungan penguasa. Dengan demikian tidak ada alasan bagi beliau untuk meninggalkan Maroko. Sebagaimana tempat wafatnya, tahun wafatnyapun disepakati, yakni beliau wafat pada tahun 1230 H., dengan demikian beliau wafat dalam usia 80 tahun, karena beliau lahir pada tahun 1150 H. Demikian juga mengenai hari dan tanggal wafatnya, disepakati bahwa beliau wafat pada hari Kamis, tanggal 17 Syawal dan dimakamkan di kota Fez Maroko.

56 Tanggapan

  1. ASSALAM ALAYKOUM

    First of all all my CONGRATULATIONS FOR THIS new web site i have been informed by Brother Fakhrdin of South Africa about your relevant site!!
    WOULD YOU PLEASE SEND ME AN APPROPRIATE e-mail so as to be able to send you a DIAPORAMA OR PPS DOCUMENT THAT INCLUDES PHOTOS AND AN ARTICLE ABOUT SIDI AHMED TIJANI.
    BARAKA ALLAHOU FIKOUM
    YOURS IN ISLAM AND SUFISM
    MOHAMED BOKRETA
    ALGIERS 19.04.2008

  2. WA’ALAIKUM SALAM

    Thank you Brother Bokreta of Algiers. This website is of the Jama’ah Tijani of West Java, Indonesia. It’s created based on the fact that very little information on Thariqa Tijaniyya in the internet. Thank you for your welcome and support. We’ll be happy to receive some documents you intend to send on Tijaniyah and Sidi Ahmed Tijani. Just send to this email: tijaniyahgarut@gmail.com

    Syukran Jazila,
    Salam ‘alaikum jami’a.
    MH

  3. mudah-mudahan apa yang kita lakukan dngan niat baik akan menjadi bekal di akhirat nanti amin

  4. Assalamu’alaikum
    Saya di Malang, untuk mengikuti tarekat at-tijaniyah kami harus ke mana ya ?

  5. Lhaaa, tulisan saya tentang sejarah Tijaniyah di Indonesia kok dihapus?? Waduuuh……tulisan saya diblognya kepunyaan orang tijani dihapus dan juga dihapus diblognya kepunyaan orang anti tijani. Wah, gagal deh orang tijani berdakwah!

    Harun
    tijani121@gmail.com

  6. Jum’at-27-11-2008 jam 11: 14 wit
    Orang tijani mesti harus lebih giat lagi dalam menda’wahkan tijanih. Karena saya lihat seperti ada semacam permainan. Misalnya tanggapan miring pada tijani ditampilkan. Namun begitu aktivis Tijani hendak memberikan jawaban tidak ada kesempatan, atau dihapus. ANDA INGIN TAHU TIJANI ? JANGAN TANYA PADA YANG BUKAN AHLINYA, BUKANKAH ADA HADIST: BARANGSIAPA YANG MENYERAHKAN SESUATU PADA YANG BUKA AHLINYA MAKA TUNGGU SAAT KEHANCURANNYA.
    Ini E-Mail saya ibrahimtijanigrogot@yahoo.co.id

  7. Assalamu’alaikum Wr. Wb….
    Salam Ukhuwah kepada semua Ikhwan Tijaniyah Garut, semoga sehat selalu….

    Sekedar pemberitahuan, kami dari al-umm.tk, milik Zawiyah Tijaniyah Ciputat Tangerang mengucapkan Selamat Tahun Baru Hijriyah 1930….

    Semoga dakwah Islam dan Tijaniyah lebih bisa berkembang….

  8. thorikoh tjaniah tegal jatnegara moga tambah semangat

  9. assalamu alaikum,
    saya sangat senang dengan adanya website ini. saya bisa belajar tentang banyak hal. smoga banyak memberikan pencerahan bagi kita semua…amin.

  10. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Kami Zawiyah Tijaniyah Ciputat menghaturkan salam perekat silaturahmi. Kepada seluruh Ikhwan Tijaniyah Garut Khususnya kepada Shahibul maqam dan khalifah serta para muqaddamnya.

    Semoga Allah selalu meluaskan dan memudahkan segalanya bagi kita.

  11. Assalamualaikum Wr.Wb.
    kami bagian dari Zawiyyah Garut,menghaturkan terima kasih kepada semua Ikhwan dan akhwat Tijani yang sudah memberikan informasi dan menjadi tamu bagi kami,mudah-mudahan menjadikan eratnya hubungan tali silaturahmi kita. Amin.

  12. kunci dari segala kesuksesan adalah ilmu dan amal yang sesuai dengan petunjuk Nabi Muhammad saw

  13. Ass Wr Wb, Salam kenal aja nih dari ikhwan panghegar..

  14. please i wan to see the pic of sheikh ahmed tijani, and all about him.

  15. yes i want to see his picture and his profile

  16. asww. salam kenal dari ikhwan di cimahi (asal dari kawali-ciamis). meski saya belum menjalankan tarekat ini, tapi saya sangat menghargai dan hormat pada ikhwan ahli tarekat attijani. mudah2an allah meridhoi kita semua. aamiiin.

  17. assalamualaikum
    ust aq mau nanya gmana kalo org pernah ikut tinjani tapi g pernah dibaca? kalo sekarang ane mau ngelanjut dawam lagi apa bleh g dibaiat ulang? kalo balas ke email saya

  18. Sanggahan, lecehan dan hujatan terhadap ikhwan tijani adalah effect thariqah, hadapi dengan tersenyum dan tetap istiqomah beramal.

    ingat “semakin dihujat, semakin kuat”

  19. Ass. Wr.wb
    bagi saya tijaniyah ialah pencerahan lahir batin dalam waktu yang sangat singkat

  20. yg bisa merasakan kenikmatannya hanya orang tijani yang melaksanakannya. ibarat rasa gula, orang yang mencicipi ato yang memakan gula itu yang merasakan manisnya. bukan dengan teori ini dan itu. rasakanlah keterbukaan sirr segala ilmu yang dicurahkan Allah

  21. aS ,SAYA SANGAT SUKA SEKALI SAMA HABIB SOLEH BASALAMAH .

    • ma,af,,, dia bukan habib,,, dia orang arab arab bisa,,, tp alimnx luar biasa,,,,,,,, dr abahnx,, kakeknx,,, orng luar biasa smw,,, masyallah,,,

  22. bagi semua ikhwan tijani jangan ragu tentang tijani,karena amaliyah thoriqoh tijani tidak keluar dari perintah Allah dan rasulullah.

  23. Ass..
    Kami Zawiyah Tijaniyah Pangalengan Bandung menghaturkan salam perekat silaturahmi. Kepada seluruh Ikhwan Tijaniyah garut dan indonesia Khususnya kepada Shahibul maqam dan khalifah serta para muqaddamnya.

  24. aslmkm..
    saya punya gambarnya syekh abil abbas attijani..kalau para ikhwan ada juga yang memiliki, gimana kalau kita sharing?

  25. Aslmkm. info: bagi para ikhwan yang ingin memiliki kitab jawahirul ma’ani download aja di http://www.dar-sirr.com

  26. tolong dong disebarkan riwayat keturunan sayyid Ali ath-thoyyib
    karena belia yang membawa tijani ke indonesia

  27. Aslmkm. info: bagi para ikhwan yang ingin memiliki kitab jawahirul ma’ani download aja di http://www.dar-sirr.com

  28. Saya tunggu informasinya ! foto, film ataupun artikel tenang perkembangan attijani

  29. Assalamualaikum wr. wb

    Salam kenal.

    ana muhibbin dari depok udah 10 th dawamin shalawat fatih mohon doanya smoga Allah bimbing dan mempermudah jalan untuk menjadi ikhwan..

  30. Ass..
    Saya mau bertrimaksih kpd ust.ahmad nawawi, ust.rudi. Krn telah memperkenalkan shalawat fatih. Yg sangat begitu besar mamfaatnya. Dan Saya minta doanya dari para ikhwan2 sekalian. (An-Nur lenteng agung)

  31. saya berterima kasih kepada abah asep cibunar yang telah banyak membingbing saya ke jalan yang benar

  32. ass… ana ikhwan tijani prov kep. bangka belitung… selamat mengikuti musyawarah muqoddam toriqoh tijani seindonesia di probolinggo, semoga syiar islam dan toriqoh tijani selalu dlm rahmatulil a’lamin… salam.

  33. assalamualaikum…
    saya pengelola blog pesantren darusshufi perum jati putra.
    salam kenal
    wass….

    kunjungi ya…
    darusshufiattijani.blogspot.com
    wass.
    terimakasih

  34. tolong berikan nama kitab-kitab tarekat tijani dan alamat webnya tux downlod, n syukron katsiro

  35. Assalamu’alaikum Wr.Wb
    mang ceng nyuhunkeun pidu’ana pun bojo (SITI MARYAM BINTI RUSMAN) nuju ngandung 7 majeng ka 8 sasih. kalawan ka agungan kangjeung rosul, maddad&karomah syekh ahmad at-tijani mudah-mudahan sing digampilkeun ngalhirkeuna, murangkalihna (cerdas akalna, sehat jasadna & kuat aqidahna sarta janten murid syekh ahmad at-tijani) amien

    Wa’alaikum salam Wr.Wb
    DIAN NURDIANA BIN H. ADE S.

  36. ass. pami kaleresan rineh, diantos waleran sareng do’ana

  37. Asslamualaikum saya jamaah dari bandung/dago menghturkan silaturahmi kepada semuanya semoga bisa bermanfaat di dunia dan akhirat amiiin..

  38. ass…klw pingin tau keturunannya sayid ali attoyib silah kan datang ke jawiyah al habib lukman di caringin curug deng2 bogor atau datang ke jawiyah empang ke alhabib salim jgn tanya ama siapa2 langsung tanya aja ama keturunannya biar jelas dan terperinci wass.

  39. salam….
    klo di bandung pusat kegiatan nya dimana..?

  40. salam dari kami ikhwan tijani cimareme cikandang

  41. [...] Syekh Ahmad Al-Tijani Oleh Dr. KH. Ikyan BadruzzamanNama Syekh Ahmad al-Tijani (1150-1230 H, 1737-1815 M) dikenal di dunia Islam melalui ajaran thariqat yang dikembangkannya yakni Thariqat Tijaniyah. Untuk mengetahui kehidupan Syekh Ahmad al-Tijani, penulis menelusurinya melalui Kitab-kitab yang memuat kehidupan dan ajaran Syekh Ahmad al-Tijani terutama kitab-kitab yang di tulis Khalifah Syekh Ahmad al-Tijani diantaranya kitab Jawahir al-Ma`ani (Mutiara-mutiara Ilmu). tulisan Syekh Ali Harazim. Dalam kitab-kitab yang menulis kehidupan Syekh Ahmad al-Tijani, disepakati bahwa Syekh Ahmad al-Tijani, dilahirkan pada tahun 1150 H. (1737 M.) di `Ain Madi, sebuah desa di Al-jazair. Mengenai tanggal kelahirannya sampai sekarang belum diketahui secara pasti. Secara geneologis Syekh Ahmad al-Tijani memiliki nasab sampai kepada Rasulullah saw. lengkapnya adalah Abu al-Abbas Ahmad Ibn Muhammad Ibn Mukhtar Ibn Ahmab Ibn Muhammad Ibn Salam Ibn Abi al-Id Ibn Salim Ibn Ahmad al-`Alawi Ibn Ali Ibn Abdullah Ibn Abbas Ibn Abd Jabbar Ibn Idris Ibn Ishak Ibn Zainal Abidin Ibn Ahmad Ibn Muhammad al-Nafs al-Zakiyyah Ibn Abdullah al-Kamil Ibn Hasan al-Musana Ibn Hasan al-Sibti Ibn Ali Ibn Abi Thalib, dari Sayyidah Fatimah al-Zahra putri Rasuluullah saw. Nama al-Tijani diambil dari suku Tijanah yaitu suatu suku yang hidup di sekitar Tilimsan, Aljazair; dari pihak ibu, dan Syekh Ahmad al-Tijani berasal dari suku tersebut. Keluarga Syekh Ahmad Al-Tijani adalah keluarga yang dibentuk dengan tradisi taat beragama. Dikatakan, bahwa ayah Syekh Ahmad al-Tijani adalah seorang ulama yang disiplin menjalankan ajaran agama. Ketika Syekh Ahmad al-Tijani memasuki usia balig dinikahkan oleh ayahnya. Sejak usia berapa tahun beliau menikah? Dalam kitab-kitan yang menulis riwayat hidup Syekh Ahmad al-Tijani tidak dijelaskan. Namun apabila dihubungkan dengan tahun meninggal kedua orang tuanya, mereka meninggal berturut-turut pada tahun yang sama yakni tahun 1166 H. Diduga beliau nikah antara usia 15-16 tahun, sebab beliau lahir pada tahun 1150 H. Dari hasil pernikahannya beliau mempunyai dua orang putra yakni Muhammad al-Habib dan Muhammad al-Kabir yang kelak secara berturut-turut memimpin zawiyah (pesantren Sufi yang beliau dirikan). Mengenai tempat meninggalnya, dalam kitab-kitab yang menulis Syekh Ahmad al-Tijani, disepakati bahwa beliau wafat di kota Fez Maroko. Hal ini bisa dimengerti karena sebagaimana akan dilihat nanti, di kota ini Syekh Ahmad al-Tijani mempunyai kesempatan untuk mengembangkan ajarannya dengan dukungan penguasa. Dengan demikian tidak ada alasan bagi beliau untuk meninggalkan Maroko. Sebagaimana tempat wafatnya, tahun wafatnyapun disepakati, yakni beliau wafat pada tahun 1230 H., dengan demikian beliau wafat dalam usia 80 tahun, karena beliau lahir pada tahun 1150 H. Demikian juga mengenai hari dan tanggal wafatnya, disepakati bahwa beliau wafat pada hari Kamis, tanggal 17 Syawal dan dimakamkan di kota Fez Maroko. Sumber : http://tijaniyahgarut.wordpress.com/ Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. [...]

  42. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُۀ. Saya mau tanya adakah muqaddam di daerah subang

  43. artikel ini sangat bermanfaat bagi saya untuk lebih jauh memahami sejarah tentang syehk Ahmad At-Tijani
    salam dari saya ihkwan tijani cibunar

  44. mudah mudahan amalnya di terima di sisi Allah swt…aminnn…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: